Tari Daerah

Mari Kenali Tari Ratoh Jaroe!

Siapa yang masih ingat dengan Opening Ceremony Asian Games 2018? Pada saat itu kita bisa melihat keindahan tari Ratoh Jaroe yang dilakukan oleh 1.600 Siswi SMA/K yang sangat memukau. Keindahan dan kekompakan dari tari Ratoh Jaroe Asian Games ini membuat satu Indonesia dibuat bangga akan penampilannya.

Tapi apakah sebelum melihat penampilan memukau ini kamu sudah tahu tentang tari satu ini? Atau malah mengira ini merupakan tari Saman? Nah, kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai tari Ratoh Jaroe.

Tari Ratoh Jaroe

Tari Ratoh Jaroe

Kalau dilihat secara sekilas, memang dari segi tarian dan kostum yang dikenakan oleh para penari Ratoh Jaroe mirip dengan tari Saman. Tapi ternyata ada perbedaan antara kedua tari ini, loh.

Apa perbedaan tari Saman dengan tari Ratoh Jaroe?

Makna Tari Ratoh Jaroe

Kedua tarian ini memang sama-sama merupakan tarian khas Aceh, tetapi tentu ada perbedaan antara dua tarian ini. Karena beberapa kesamaan yang ada pada keduanya, itu membuat dua tari ini sering salah sebut.

Saman adalah tarian yang berasal dari Gayo, sehingga bahasa yang digunakan pada tarian ini adalah bahasa Gayo. Sedangkan Ratoh Jaroe merupakan karya dari seorang seniman Aceh setelah tahun 2000-an, itu membuat para penari Ratoh Jaroe menggunakan bahasa Aceh. Perbedaan lainnya juga ada pada makna, alat musik, penari, sampai kostumnya juga.

Apa Makna Tari Ratoh Jaroe

perbedaan tari Saman dengan tari Ratoh Jaroe

Banyak makna yang bisa kita petik dari tari Ratoh Jaroe. Di mana pada tarian ini akan sangat menginterpretasikan semangat perempuan Aceh. Perempuan Aceh sendiri dikenal sebagai sosok yang tangguh, kuat, dan juga berani. Salah satu wanita Aceh yang kita kenal adalah Cut Nyak Dien, pahlawan dari Aceh yang sangat berani menumpas para penjajah.

Alat Musik Tari Ratoh Jaroe

Alat Musik Tari Ratoh Jaroe

Jika pada tari Saman mereka mereka tidak menggunakan alat musik dan lebih kepada suara dari penari itu sendiri, berbeda dengan Ratoh Jaroe yang diiringi dengan alat musik Rapai, yaitu alat musik yang memiliki bentuk seperti rebana dan bisa dimainkan dengan cara di tabuh.

Penari tari Ratoh Jaroe

Penari tari Ratoh Jaroe

Lalu bagaimana dengan penari Ratoh Jaroe? Apa yang membedakan dari tari Saman? Kalau kita lihat sekarang, memang umumnya kini para penari Saman lebih banyak didominasi oleh wanita. Tapi sebenarnya tari Saman adalah tari yang ditarikan oleh kaum pria. Jumlah dari penari Saman pun ganjil.

Sedangkan Ratoh Jaroe adalah tari yang membutuhkan wanita dengan jumlah genap.

Kostum Ratoh Jaroe

Kostum Ratoh Jaroe

Terakhir yang akan kami bahas dari tari Ratoh Jaroe ini adalah kostumnya. Karena tari Ratoh Jaroe berasal dari Aceh seperti tari Saman, sebenarnya pakaian mereka memang cukup mirip. Tetapi ada perbedaan di kedua kostumnya.

Kebanyakan penari Ratoh Jaroe menggunakan pakaian polos yang berwarna cerah, seperti misalnya kuning dan hijau. Mereka pun mengkombinasikan pakaiannya dengan tenun khas Aceh.

Nah, semoga setelah membaca artikel ini kamu menjadi lebih paham perbedaan yang ada dari kedua tarian ini. Kalau dilihat sekilas memang keduanya tampak sangat mirip, tapi setelah mengetahui detail-detail yang ada di sini, seharusnya kita menjadi lebih paham dengan perbedaan yang ada. Ini tentunya sangat penting, agar kedepannya kita bisa lebih mengenali tarian dan budaya dari negara kita sendiri.

Itulah sedikit ulasan mengenari tari Ratoh Jaroe, semoga bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *