Tari Daerah

6 Tari Betawi Yang Harus Kamu Ketahui

Tari betawi merupakan salah satu peninggalan seni yang harus dilestarikan, apalagi dijaman sekarang yang sudah banyak pengaruh globalisasi. Banyak juga bemunculan tarian modern yang masuk ke negeri ini. Namun kamu sebagai asli warga Indonesia, harus mengetahui tarian betawi yang sangat unik ini.

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan tarian ondel-ondel, yang merupakan ikon ibukota Indonesia. Ternyata, betawi juga memiliki banyak tarian tradisional lho.

Yuk simak apa saja tarian betawi dibawah ini!

1. Tari Topeng Betawi

Bagi yang belum mengetahui, bahwa tarian ini merupakan gabungan dari seni nyanyian, drama, dan juga tarian. Ternyata tarian ini juga sudah diakui oleh mancanegara lho. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut, bisa membacanya hingga tuntas.

Bahwa tari topeng diringi oleh alat musik yaitu rebab, kecrek, gong, buyung, dan yang lainnya. Untuk pakaian yang dikenakan para penari yaitu menggunakan kostum adat betawi.

2. Tari Ondel-Ondel

Sudah banyak yang mengenal tarian asal ibukota indonesia, tari khas betawi yang satu ini tentunya memiliki makna dan arti yang mungkin kamu belum mengetahuinya??

Tari ondel-ondel merupakan pertunjukan yang berasal dari warga asli betawi. Gerakan tarian ini juga sangat mudah lho, jadi buat kamu yang belum mengetahui gerakannya, bisa lihat di youtube karena banyak tutorial yang sangat mudah dan bisa kamu tiru untuk pentas seni atau acara yang lainnya.

3. Tari Yapong

Tari daerah betawi selanjutnya adalah tari yapong, tarian ini diciptakan oleh Bagong Kusudiardjo tepat pada tahun 1975. Biasanya tarian ini sering kali dibawakan saat ada acara ulang tahun kota Jakarta. Tarian yapong diiringi oleh alat musik seperti rebana biang, rebana hadroh, dan rebana ketimpring.

4. Tari Lenggang Nyai

Tari lenggang nyai juga termasuk tari betawi yang harus kita lestarikan. Yang menjadi ciri khas dari tarian ini adalah alat musik gambang kromong yang sangat unik. Untuk busana yang dikenakan para penari menggunakan kostum berwarna merah. Busana itu sendiri juga memiliki lambang yang harus kamu ketahui lho, yaitu semangat dan keberanian.

Ternyata tari betawi ini juga memiliki cerita tersendiri guys. Mengapa dinamakan lenggang nyai?? Karena tari betawi ini mengisahkan tentang Nyai Dasimah yaitu gadis yang berasal dari Jakarta. Beliau bingung untuk menentukan pasangan hidupnya, karena beliau diberi 2 pilihan, antara memilih pria asal Indonesia atau Belanda. Dan gadis tersebut akhirnya memilih pria yang berasal dari keturunan Belanda.

Setelah memilih pasangan hidupnya, ada hal yang menjangkal dari nyai. Karena beliau berasa hak perempuannya diambil, sehingga aturan yang dibuat oleh suaminya dibantah oleh nyai dan membuat seorang seniman terinspirasi untuk membuat tarian yang bernama tari lenggang nyai.

5. Tarian Japing Betawi

Tari japing betawi merupakan campuran dari melayu, dahulu kala tarian ini dipengaruhi oleh budaya arab. Tarian ini diiringi oleh musik gambus dan marwas. Tarian ini juga memiliki gerakan yang mudah lho.

6. Tari Cokek

Tarian betawi juga ada yang bernama tarian cokek, musik yang dimainkan dari tarian ini menggunakan gambang kromong. Ternyata tari cokek ini hampir mirip dengan tarian China lho.

Bagi yang belum mengetahui kostum dari tarian ini yaitu menggunakan kebaya cokek. Untuk gerakannya sendiri sangat unik lho, karena saat penari sudah memulainya, selendang penari akan dialikan kepada tamu undangan.

Demikian 6 daftar seni tari betawi yang harus kamu ketahui, dan jangan sampai lupa sebagai warga asli ibukota!! Kamu juga wajib melestarikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *