Seni Rupa

PENGERTIAN DAN BEBERAPA CONTOH DARI SENI RUPA 2 DIMENSI

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan seni rupa 2 dimensi, karena ini sudah pernah dipelajari ketika masih sekolah dasar. Tetapi memang saat masih di bangku sekolah dasar, belum terlalu mendalai tentang apa itu seni rupa 2 dimensi. Ibaratnya hanya mempelajari permukaannya saja, tetapi semakin naik tingkatan membuat kamu semakin belajar tentang seni rupa dua dimensi bahkan mempelajarinya dengan lebih luas lagi. Untuk mengingat lagi seni rupa 2 dimensi itu merupakan sebuah karya seni rupa yang mempunyai dua sisi atau ukuran, atau bisa juga diartikan secara lebih singkat adalah karya seni yang hanya mempunyai panjang serta lebar saja.

Selain seni rupa 2 dimensi ada juga seni rupa 3 dimensi, dimana memang ini merupakan karya seni yang dibagi menjadi dua. Pembagian ini diberlakukan untuk membuat kita menjadi lebih paham tentang cakupan dari seni rupa yang bisa dibedakan. Selain menurut dimensi seni rupa bisa dibedakan dari fungsinya. Terdapat beberapa fungsi dari seni rupa, seperti seni rupa terapan yang dibuat dengan menggunakan proses perancangan serta seni rupa murni yang dimana agar dapat kita nikmati keunikan serta keindahannya. Untuk lebih jelasnya lagi, disini akan dijelaskan beberapa contoh dari seni rupa dua dimensi. Simak ulasan berikut untuk kembali mengingatnya.

1.Lukisan

Lukisan

Lukisan menjadi karya yang mempunyai nilai seni yang ditinggi dan mempunyai maknanya tersendiri. Lukisan secara garis besar merupaka karya seni lukis yang dibuat dengan menggunakan cat serta alat lukis kuas, pisau palet, dan peralatan yang lainnya. Dimana di dalam lukisan tersebut terdapat warna – warna yang dipadukan sampai nantinya menghasilkan sebuah gradasi warna yang indah. Lukisan ini lahir dari tangan seorang pelukis yang lihai dalam menggerakan tangannya. Mempunyai pandangan yang luas dalam menciptakan karya seninya.

Lukisan ini termasuk ke dalam karya seni rupa dua dimensi, sebab dalam lukisan itu tidak mempunyai ruang. Dimana hanya mempunyai panjang dan lebar saja. Sudah banyak sekali karya yang lahir dalam bentuk lukisan, dimana arti dalam lukisan tersebut mempunyai makna yang berbeda – beda. Salah satu lukisan yang sangat terkenal adalah lukisan Mona Lisa.

2.Fotografi

Fotografi

Sekarang ini adalah zaman dimana kalau ke suatu tempat atau menggunakan pakaian yang bagus itu harus mengambil gambar. Karena bila tidak melakukan hal tersebut rasanya ada saja yang kurang, selain itu alasan lainnya adalah untuk mengunggahnya ke media sosial. Mengupdate status menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan bukan di era sekarang ini, agar orang dapat mengetahui kegiatan yang sedang dilakukan. Membuat orang banyak yang terjun ke dunia fotografi, selain memang hobi disana juga dapat menghasilkan uang.

Tidak sedikit orang yang membutuhkan jasa foto, karena biasanya memang mereka tidak dapat menghasilkan foto yang baik atau alasan lainnya. Secara garis besar fotografi merupakan proses agar dapat menghasilkan gambar, menggunakan media cahaya.

3.Batik

Batik

Menjadi ciri khas yang dibanggakan oleh Indonesia, seni batik yang sangat terkenal itu berasal dari Yogyakarta. Batik yang menjadi oleh – oleh yang tidak dapat dilewatkan ketika berlibur kesana, karena memang motif yang dimilikinya itu sangatlah unik dan indah. Secara garis besar batik merupakan teknik menggambar pada kain dengan menuliskan malam di kain tersebut. Malam sendiri merupakan zat padat yang dibuat alami, yang dimana menjadi bahan untuk menggambar pada kain.

Sudah banyak sekali corak batik yang dibuat dan dihasilkan, bahkan sampai ada yang go internasional. Sebab coraknya yang memang unik dank has ini membuat orang banyak yang tertarik dengan karya seni dua dimensi yang satu ini.

Itulah beberapa contoh dari karya seni dua dimensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *