Tari Daerah

DAFTAR TARIAN TRADISIONAL JAWA BARAT SAMPAI CIRI KHAS YANG DIMILIKINYA

Indonesia ini menjadi negara yang sangat kaya dengan keberagaman dan kesenian yang dimilikinya. Meskipun mempunyai berbagai macam kebudayaan, tetapi tidak menjadikannya sebagai negara yang bermusuhan. Malahan semua kebudayaan dan perbedaan yang dimiliki antar provinsi menjadikannya sebagai hal yang menyatukan dan mempererat. Banyak sekali budaya yang dimiliki oleh Indonesia, salah satunya adalah seni tari. Dimana setiap provinsi mempunyai ciri khas dan tarian tradisionalnya masing – masing. Salah satunya adalah macam – macam tarian tradisional yang dimiliki oleh Jawa Barat. Menjadi provinsi yang mempunyai banyak sekali tempat wisata dan berbagai macam kuliner yang enak – enak. Tidak hanya itu, ternyata kebudayaan yang dimiliki oleh Jawa Barat masih terus dilestarikan sampai sekarang.

Terdapat salah satu kampus yaitu ISBI, dimana dia menjadi kampus seni dan menjadi sebuah batu loncatan untuk mahasiswa yang ingin berkreasi terhadap kesenian tradisional. Membuat kesenian yang dimiliki oleh Jawa Barat terus dilestarikan oleh generasi – generasi baru, sehingga kebudayaan ini akan terus berumur panjang sampai turun temurun. Kampus ISBI ini sering menyelenggarakan pagelaran alat music tradisional sampai dengan tari tradisional. Secara tidak langsung memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk terus melestarikan kebudayaan Jawa Barat. Berikut adalah daftar tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat sampai dengan ciri khas yang dimilikinya.

1.Tari Topeng

Tari Topeng

Sesuai dengan nama dari tarian ini, yaitu tari topeng. Dimana orang yang menarinya tersebut menggunakan topeng, topeng yang digunakan oleh dalang atau sebutan orang menari topeng tersebut. Terdapat 13 jenis topeng dengan berbagai warna yang dimilikinya dan warna – warna tersebut mempunyai makna yang berbeda – beda. Selain itu penggunaan topeng ketika menari itu mengikuti karakteristik dari warna yang digunakan dalang. Tetapi untuk warna yang sering dipakai itu warna putih juga merah, tergantung dari penggunaan background tema.

Tari tradisional yang berasal dari Cirebon ini, diangkat dari cerita rakyat dengan tokoh yang bernama Sunan Gunung Jati. Ketika itu sedang menjadi penguasa dari kota Cirebon. Dalang saat sedang menari tersebut menggunakan pakaian kain batik Cirebon dengan gaya Losari. Untuk jumlah penarinya itu tergantung, bisa sendiri bisa juga lebih dari dua orang.

2.Tari Merak

Tari Merak

Tarian yang terinspirasi dari burung merak ini benar – benar indah ketika dinikmatinya. Ketika itu merak dijadikan sebuah tanda yaitu mahkota, sehingga tercipta lah nama tarian Tari Merak yang berasal dari tanah pasundan ini. Sesuai dengan nama dari tarian ini, memang Tari Merak mengikuti gerakan dari burung merak. Dimana gerakannya itu melenggak lenggok dan mengibaskan sayapnya. Sehingga tarian ini memang ditujukan untuk memberikan pertunjukan tentang keindahan serta kecantikan yang dimiliki oleh burung merak.

 Penari tari merak biasanya 2 sampai 3 orang, selain itu ciri khasnya adalah mahkota yang digunakan. Serta baju kemben dengan motif burung merak, bahkan tarian ini sudah dikenal sampai ke mancanegara.

3.Tari Jaipong

Tari Jaipong

Tari jaipong yang sudah tidak asing untuk kamu dengar, apalagi ketika masih duduk di bangku sekolah tidak jarang ketika pelajaran kesenian untuk mempraktekan tari jaipong. Berasal dari kota kembang ini, terlahir dari Gugum Gumbira. Tari Jaipong ini terus dilestarikan dengan mendirikan komunitas untuk penari Jaipong. Tarian ini sangatlah populer, biasanya sering ditampilkan ketika sedang acara pernikahan sampai acara – acara besar.

Penarinya yang menggunakan kebaya serta ciri khas samping yang berada di pinggang ini membuat tarian semakin tambah indah. Meskipun pernah mengundang kontroversi sebab gerakan Jaipong yang erotis ketika berlenggak lenggok. Tetapi perlahan tarian ini mulai diterima dan dikenal serta dibanggakan.

Itulah daftar tarian tradisional sampai ciri khas yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *