Seni Rupa

Seni Patung Terpopuler di Dunia! Pernah melihatnya?

Patung adalah karya seni yang memiliki daya tarik berupa biasanya ia bisa menyerupai sesuatu dengan sangat sempurna. Inilah yang membuat banyak patung sukses menjadi perhatian dunia karena keindahan juga mengagumi setiap detail yang ada padanya.

Pengertian patung sendiri adalah benda dengan bentuk 3D yang biasanya memiliki tujuan tersendiri. Karena diharapkan dapat bertahan lama, patung biasanya dibuat dari bahan yang tahan lama dan tak jarang mahal. 

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa patung populer, seperti misalnya patung Pancoran dan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Berikut ini adalah beberapa patung populer di dunia yang wajib untuk Anda ketahui.

Patung Seni Terpopuler di Dunia!

1.Patung Liberty – Amerika Serikat

Patung Liberty

Pertama ada patung Liberty yang berada di New York, Amerika Serikat. Patung yang memiliki warna asli tembaga ini merupakan hadiah dari Prancis ke Amerika Serikat sebagai tanpa persahabatan kedua negara. Selain itu, patung satu ini juga menjadi simbol untuk para imigran juga orang Amerika yang kembali datang ke Negara tersebut.

Liberty juga dilambangkan sebagai lambang kemerdekaan juga demokrasi. Bentuk dari Liberty adalah wanita yang mengangkat sebuah obor juga buku di tangannya.

2. Christ The Redeemer – Brazil

Christ The Redeemer

Kedua ada Christ The Redeemer, sebuah patung yang berada di Rio De Janeiro, Brazil. Patung dengan bentuk Kristus ini berada di puncak gunung Corcovado, tepatnya di Taman Nasional Hutan Tujuca.

Patung yang memakan tahun sekitar 10 tahun ini memiliki tinggi 30 Meter dengan panjang 28 meter. Bahan untuk membuat Christ The Redeemer, membutuhkan batu kapur dan granit.

Selain populer, Christ The Redeemer juga merupakan salah satu keajaiban dunia dan kalau datang ke Rio de Janeiro tak lengkap rasanya jika tidak berfoto dengan latar patung ini.

3. Patung Moai – Chili

Patung Moai

Berikutnya ada patung Moai yang keseluruhan tubuhnya tidak bisa kita lihat dengan jelas karena terkubur di tanah. Patung Moai berada di pulau Easter dan ini merupakan warisan dari nenek moyang penduduk asli Pulau Easter, yaitu Suku Rapa Nui.

Di pulau tersebut, setidaknya terdapat 887 Moai dan ditemukan sekitar 400-800 sebelum masehi. Yang paling tinggi berukuran 12 meter dan beratnya diperkirakan sekitar 75 ton.

Di beberapa lokasi, Moai tampak berbaris rapi dan mereka menghadap ke arah laut.

4. Patung David, Firenze – Italia

Patung David

Patung David, Firenze mungkin merupakan patung yang sudah tidak asing lagi untukmu, karena patung yang terletak di Firenze, Italia ini sudah sering kali kita lihat melalui gambar. Memiliki paras tampan dengan proporsi sempurna seakan menjadi poin utama Patung David.

Pembuatan patung ini terjadi di antara tahun 1501 – 1504 dengan bahan marmer. Tingginya sendiri 5 meter dan beratnya mencapai 5,5 ton.

5. Patung Little Mermaid – Denmark

Patung Little Mermaid

Terakhir yang kami rekomendasikan adalah Patung Little Mermaid yang berada di Denmark. Anda bisa menemukan Patung Little Mermaid di pelabuhan kota Conpenhagen di atas batu. Ia memiliki bentuk seperti putri duyung dan tujuannya adalah untuk mengenang sosok penulis dongeng Putri Duyung, Hand Christian Andersen.

Sayangnya patung ini beberapa kali mengalami kerusakan, seperti kepala yang dipenggal hingga tangan yang dicopot.

Itulah beberapa seni patung yang populer di dunia. Dari kelima patung di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu ketika melihatnya untuk pertama kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *