Lukisan

Pelukis Abstrak Terkenal di Dunia

Ada beragam jenis karya seni yang ada di dunia ini dan semuanya memiliki keunikannya tersendiri. Salah satu jenis karya seni yang paling banyak peminatnya adalah seni lukis abstrak. Banyak juga pelukis abstrak yang sering kali menunjukkan keahliannya dalam melukis lukisan abstrak yang bernilai tinggi.

Di Indonesia sendiri ada beberapa pelukis abstrak Indonesia yang hasil karyanya sangat berkesan, sebut saja seperti Affandi Koesoema, Abas Alibasyah, Achmad Sadali, dan masih banyak lainnya.

Kali ini kami akan membahas tentang beberapa pelukis abstrak terkenal di dunia yang karyanya sangat terkemuka dan diakui dunia. Untuk kamu yang tertarik dengan seni lukis abstrak bisa mencoba menjadikan mereka panutan, nih!

Pelukis Abstrak Terkenal di Dunia

1.Wassily Kandinsky – Pelukis Abstrak

Wassily Kandinsky

Pertama ada Wassily Kandinsky yang awalnya merupakan seorang guru hukum dan ekonomi, tetapi akhirnya ia melepas kariernya itu untuk bisa mengejar ketertarikannya kepada seni. Akhirnya di tahun 1910-an ia menjadi salah satu tokoh yang terkemuka pada seni modern. Ia dianggap sebagai pelopor dari karya seni abstrak dan karya dialah yang disebut sebagai Cat Air Abstrak Pertama.

Wassily Kandinsky menyebut beberapa karya spontannya sebagai sebuah improvisasi dan kalau yang rumit bernama komposisi. Karena kontribusinya di dalam dunia seni abstrak, orang-orang memberikan julukan kepadanya sebagai Bapak Seni Abstrak.

2. Jackson Pollock

Jackson Pollock

Berikutnya ada Jackson Pollock, di mana ciri khas dari karyanya adalah ia meneteskan cat dan dituangkan ke canvas. Ia dijuluki sebagai Jack The Dripper oleh majalah TIME. Teknik yang digunakannya dalam meneteskan cat ini menjadi aksi fisik yang menjadi aspek penting dalam hasil akhir karya tersebut.

Salah satu karya Jack Pollock yang populer adalah Blue Poles, di mana karya tersebut berhasil laku sebesar $1,3 juta dolar di tahun 1973. Ada pula karya lainnya yaitu No.5, 1948 yang berhasil dijual dengan harga $140 juta.

3. Piet Mondrian

 Piet Mondrian Pelukis Abstrak

Ketiga ada Piet Mondrian yang menciptakan istilah Neoplastisisme dalam seni abstraknya, di mana ia hanya mengaplikasikan garis lurus dan 3 warna primer juga netral seperti hitam, putih, dan abu-abu. Dulunya ia adalah pelukis abstrak terkenal yang kerap kali melakukan eksperimen dengan luminisme dan kubisme. Piet Mondrian sendiri dianggap sebagai salah satu orang penting dalam pengembangan seni abstrak.

4. Georgia O’keeffe

Georgia O’keeffe Pelukis Abstrak

Georgia O’keeffe adalah tokoh yang menentang batas gaya artistik dengan menggunakan karyanya atau lukisannya. Lukisan dari Georgia O’keeffe sendiri dikenal dengan ciri menggabungkan abstraksi dengan representasi.

Salah satu karya dari Georgia O’keeffe yang paling terkenal adalah bunga Close upnya yang tampak sensual, besar, juga dramatis. Hal ini membuat hasil karya pelukis satu ini menjadi karya abstrak. Ia sendiri dianggap sebagai salah satu seniman berpengaruh dunia dan bahkan dianugerahi Presidential Medal of Freedom di tahun 1977.

5. Mark Rothko

Mark Rothko Pelukis Abstrak

Yang terakhir akan kami bahas adalah Mark Rothko, seorang pelukis abstrak yang berasal dari keluarga Yahudi dan ketika ia masih kecil pindah ke Amerika Serikat. Sebelum ia menemukan gaya melukisnya sendiri, ia sudah mencoba berbagai jenis lukisan termasuk salah satunya Surrealism. Ia sendiri dianggap sebagai salah satu pelopor dari lukisan bidang warna. Gaya yang dimiliki Mark Rothko adalah Abstrak Ekspresionisme, di mana warna merupakan subjeknya.

Meski dikenal sebagai pelukis abstrak, tetapi Mark Rothko menganggap kalau ia bukan merupakan abstraksionis.

Nah, itulah beberapa pelukis abstrak dunia yang karyanya populer hingga ke manca negara. Dari 5 pelukis di atas, mana yang karyanya paling kamu kagumi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *