Seni Rupa

Ketahui Pengertian Seni Klasik dan Jenis-Jenisnya, Yuk!

Seni adalah sesuatu hal yang dibentuk oleh manusia untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki makna atau keindahan tertentu. Salah satu kesenian yang hingga kini masih memiliki keindahan di mata penikmatnya adalah Seni Klasik. Tapi tahukah kamu apa itu?

Seni Klasik adalah puncak dari perkembangan kesenian tertentu yang kini sudah tidak lagi berkembang. Karyanya dianggap sudah mencapai posisi puncak, sehingga seni ini kini sudah tidak bisa berkembang lagi, ada pula standarisasi dari zaman, juga usianya yang telah mencapai setengah abad. Jika sudah melampaui semua ketentuan itu, maka suatu karya baru bisa disebut sebagai seni klasik.

Berikut ini kami memiliki beberapa jenis yang wajib untuk diketahui mengenai seni satu ini.

Jenis Seni Klasik yang Wajib Diketahui

1.Seni Lukis Zaman Klasik

Seni Lukis Zaman Klasik

Pertama ada jenis zaman klasik yang ditujukan sebagai Mistisme dan Propaganda, atau masa ketika agama belum berkembang. Pada masa ini, lukisan dimaksudkan untuk bisa meniru semirip mungkin segala bentuk yang terdapat di alam, karena pada masa itu ilmu pengetahuan mulai berkembang dan sadar kalau seni lukis berkomunikasi lebih baik dari pada kata dari berbagai hal.

2. Seni Rupa

Seni Rupa

Berikutnya ada seni rupa klasik. Kalau kita mengulas kembali sejarah, hindu dan Budha adalah babak baru punuk periodisasi kebudayaan yang ada di Indonesia. Kala itu seakan menjadi akhir dari masa prasejarah yang ada di Indonesia dan awal dari zaman sejarah. Hal itu dibuktikan dengan penemuan-penemuan seperti lukisan dari masa yang kerap kali disebut masa klasik.

Peninggalan karya seni dari masa Hindu – Budha adalah prasasti dan candi, di mana kedua hal ini kini memiliki nilai seni yang tinggi dengan segala kisah di belakangnya.

Di masa Hindu – Budha, banyak sekali kerajaan yang mulai untuk bediri, baik dari kerajaan yang kecil sampai ke yang besar. Hampir semua kerajaan yang berdiri tersebut memiliki prasasti.

Berikut ini kami memiliki beberapa contoh prasasti peninggalan kerajaan – kerajaan pada masa tersebut.

  • Prasasti Kutai (Kalimantan Timur)
  • Prasasti Ciaruteun (Bogor)
  • Prasasti Canggal (Magelang)
  • Prasasti Dinoyo (Malang)
  • Prasasti Jambu (Bogor)

Selain prasasti, seperti yang kita ketahui kalau di Indonesia memiliki beragam prasasti yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu candi yang megah dan bisa kita kunjungi sampai saat ini adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Keduanya dibangun memiliki tujuan dalam hal spiritual dan fungsinya pun beragam. Tapi kini menjadi seni yang tak ternilai harganya.

3. Seni Arsitektur

Seni Arsitektur

Seni klasik bukan hanya dalam bentuk lukisan atau barang saja, tetapi juga dalam bentuk bangunan. Seperti bangunan masjid, istana, dan masih banyak bangunan lain yang memiliki esensi seni klasik. Contoh seni klasik dalam bentuk bangunan adalah St Paul’s Cathedral di London, Cologne Cathedral, Menara Pisa, dan masih banyak lainnya.

4. Seni Hias

Seni Hias

Terakhir yang akan kami bahas adalah seni hias, di mana ada banyak jenisnya, seperti seni ukir, kaligrafi, wayang, dan banyak lainnya. Ini sudah memadai suatu babak baru di perkembangan seni rupa, konsepnya pun lebih ke mengungkapkan ekspresi serta nilai dari seorang seniman yang diluapkan dengan cara yang bebas.

Nah, itulah beberapa jenis dari seni klasik yang wajib banget untuk diketahui. Jadi setelah membaca artikel ini, kamu bisa lebih paham mengenai keindahan seni satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *