Tari Daerah

Tari Balumpa Asal Sulawesi Tenggara

Tahukah kamu? Salah satu tarian Sulawesi Tenggara yang sangat terkenal adalah tari balumpa khususnya di daerah Wakatobi. Tarian yang ditampilkan oleh para penari wanita ini termasuk kedalam tarian pergaulan yang berguna untuk menyambut para tamu terhormat. Biasanya tarian ini akan dibawakan saat acara penting atau pertunjukan seni saja.

Sejarah Asal Tari Balumpa

Tarian yang termasuk kedalam seni tari tradisional asal Wakatobi, bahkan terkenal hingga daerah buton dan binongko, Sulawesi Tenggara. Walaupun daerah Wakatobi terkenal sebagai surganya bawah laut, namun daerah ini memiliki banyak tarian khas yang sangat populer sampai saat ini.

Apakah sebelumnya kamu sudah pernah melihat penampilan tari balumpa? Biasanya tarian ini akan dibawakan saat ada tamu penting yang datang ke daerah Wakatobi, hal ini sebagai sambutan bagi tamu terhormat tersebut.

Banyak yang belum mengetahui bahwa tarian asalh Sulawesi Tenggara ini mengisahkan tentang para gadis desa yang sedang bejoget ria serta diiringi dengan lagu khas daerah dan musik gambus. Untuk penari yang akan membawakan tarian ini juga penuh dengan rasa ceria serta penari nya juga menggunakan hati yang gembira dan tulus.

Makna Tarian Balumpa

Sama seperti sebelumnya yang sudah dijelaskan, bahwa tarian ini biasa ditampilkan saat ada tamu terhormat atau tamu penting. Hal ini disambut oleh para penduduk sana dengan penuh rasa keceriaan serta ditunjukan oleh para penari yang sangat gembira. Tarian asal Sulawesi Tenggara ini memiliki makna kegembiraan dan mengunggkapkan rasa syukur saat menyambut para tamu disana.

Gerakan Tari Balumpa

Tarian yang dominan ditampilkan para penari wanita saja, ternyata ada beberapa daerah atau pertunjukan yang menampilkan penari pria serta wanita yang dijadikan sebagai variasi. Biasanya tarian ini dibawakan oleh 6-8 orang orang penari. Tetapi bisa juga lebih dari jumlah tersebut, karena ada beberapa pertunjukan yang mengikuti kebutuhan yang sesuai dengan situasi.

Pengiring Tarian Balumpa

Sudah banyak yang mengetahui bahwa fungsi musik sebenarnya pada tarian yakni bisa memberikan cita suasana, memberikan rangsangan kepada penari dan penonton yang melihatnya, memberikan irama, serta mempertegas ekpresi gerakan bagi para penarinya.

Nah, untuk pertunjukan tarian balumpa ini biasanya diiringi oleh pengiring vokal dan alat musik tradisional gambus. Sedangkan alunan suara vokal dan alat musik tersebut akan dipadukan dengan gerakan tarian supaya terlihat selaras dan bisa menampilkan pertunjukan yang sangat anggun dan indah. Biasanya lagu daerah yang cocok untuk tarian ini memiliki tema penyambutan dan keceriaan.

Busana Tari Balumpa

Busana yang biasa dikenakan oleh penari balumpa ini menggunakan busana adat. Biasanya para penari mengenakan kain panjang khas daerah Sulawesi Tenggara dan baju lengan pendek.

Pada bagian aksesoris yang akan dikenakan oleh penari diantaranya ada kalung, gelang, anting, serta perhiasan yang dikenakan pada bagian kepala. Tidak lupa juga para penari membawa selendang untuk kelengkapan saat menari.

Perkembangan Tari Balumpa

Kota Wakatobi, Sulawesi Tenggara yang sudah populer dibawah lautnya bahkan diberikan sebagai surganya bawah laut. Dibalik kekayaan alamnya, ada beberapa seni tari yang sangat populer di daerah tersebut termasuk tari balumpa.

Dalam perkembangan di era modern saat ini, tari balumpa wajib kita lestarikan bahkan jangan sampai kalah dengan tarian modern saat ini. Ada banyak kreasi yang ditunjukan saat menampilkan tarian tradisional ini. Mulai dari kostum, pengiring, penari, gerakan, dll.

Tak hanya dipertunjukan sebagai penyambutan para tamu penting saja, melainkan tarian ini dapat dipentaskan dibeberapa acara seperti festival budaya, promosi pariwisata, hingga pertunjukan seni yang lainnya.

Bagi kamu yang termasuk generasi milenial wajib mengetahui tarian apa saja yang ada di indonesia, khususnya anak muda yang kelahirannya di Sulawesi Tenggara perlu mengenali tarian balumpa yang sangat ceria ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan budaya tradisional yang ada di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *