TARI JANGGET
Tari Daerah

SEJARAH DARI TARI TRADISIONAL ASAL LAMPUNG, TARI JANGGET

Menelusuri tentang budaya yang ada di Indonesia itu menjadi hal yang menarik bukan. Selain menambah wawasan juga bahwa ternyata banyak sekali budaya Indonesia yang belum kita ketahui selama ini, karena memang saking banyakanya budaya yang ada di Indonesia. Salah satu budaya yang memiliki daya tarik itu adalah tarian tradisional yang dimiliki oleh setiap daerah, dengan latar belakangnya yang unik dan menarik membuat wisatawan saja penasaran untuk mencaritahu dan melihat secara langsung. Salah satunya adalah tari Jangget yang berasal dari provinsi Lampung ini. Sebetulnya Lampung tidak hanya memiliki tari Jangget saja, masih banyak tarian tradisional yang mereka miliki. Dan tujuan dari tarian tersebut berbeda – beda, ada yang digunakan untuk menyambut tamu, perkawinan, pesta adat, dan beberapa acara lagi yang lainnya.

Katanya tarian Jangget yang populer di Lampung ini sudah hadir dari waktu yang lama. Pada awalnya tujuan tarian ini dipertunjukkan itu untuk ritual adat, seperti acara untuk mengiringi orang yang akan berangkat haji serta gawi adat Lampung. Itu seperti panen raya serta ketika membangun sebuah rumah. Para penari yang menarikan tarian daerah ini adalah muda – mudi dari Lampung itu sendiri, sehingga tidak jarang juga tarian ini dipertunjukkan untuk penilaian kepada muda mudi yang sedang menarikannya. Penilaian tersebut meliputi pada budi pekerti, hal kepiawaian, serta kedewasaan, yang mana dinilai berdasarkan gerakan yang sudah dibawakan tersebut.

Pekermbangan zaman dan waktu yang terus bergulir, membuat tarian tradisional asal provinsi Lampung ini mulai diketahui dan dikenal orang – orang. Pada saat itu tarian ini dikenal sebagai hiburan yang dipertunjukkan ketika masa pemerintahan Jepang yaitu tahun 1942. Membuat tarian ini semakin banyak orang yang tahu dan semakin meluas keberadaannya disana. Membuat tarian ini dipertunjukkan untuk upacara pernikahan, menyambut para tamu, sampai dengan dipertunjukkan di dalam acara keseniannya lainnya. Dimana acara kesenian tersebut berada di luar wilayah Lampung.

Sama dengan tarian tradisional yang lainnya, dimana para penari menggunakan property untuk melengkapi pertunjukka tariannya. Property yang dipakai adalah keris, jempana, payung, talam emas, tombak, dan masih ada lagi. Dengan menggunakan baju adat khas daerah, diiringi dengan music membuat tarian ini semakin lengkap dan indah untuk dinikmati. Tari Jangget ternyata mempunyai berbagai macam jenisnya, berikut ulasannya.

1.Tari Jangget Bakha

Tari Jangget Bakha

Jenis yang satu ini itu biasanya dipertunjukkan ketika acara panen raya serta munculnya bulan Purnama. Tarian Jangget Bakha ini dibawakan oleh para muda mudi Lampung, jadi kamu jangan heran bila datang kesini ketika sedang panen raya. Mereka akan melakukan tarian ini sehingga akan menimbulkan suasana yang meriah.

2.Tari Jangget Nyambuk Temui

Tari Jangget Nyambuk Temui

Ketika ada tamu agung yang datang , para penari yang berasal dari para muda mudi Lampung ini akan mempertunjukkan Tari Janggrt Nyamuk Temui ini. Tarian ini ditunjukan sebagai bentuk rasa untuk menyambut tamu yang sudah datang ke daerah mereka.

3.Tari Jangget Pilangan

Tari Jangget Pilangan

Disini bila ada salah satu dari anggota keluarga mereka yang menikah itu, akan menampilkan Tari Jangget Pilangan ini. Biasanya mereka akan mengikuti  sampai keluar dari desa sampai menuju ke tempat tinggal yang dari pasangan suami istri tersebut.

4.Tari Jangget Agung

Tari Jangget Agung

Tarian yang satu ini akan melibatkan anak gadis ayng dimiliki oleh Kepala Adat untuk ikut mernarikan Tari Jangget Agung ini. Gadis tersebut akan diberi gelar Pujian, Inten, Indoman serta Dalom Batin. Dimana tarian ini dipertunjukkan untuk upacara adat pengangkatan  Kepala Adat.

Itulah sekilas sejarah Tari Jangget yang berasal dari Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *