Lukisan

Pelukis Indonesia Dengan Keindahan Karyanya

Seni merupakan sebuah sarana di mana seseorang ingin meluapkan ekspresi atau rasa di dalam dirinya melalui hasil karya, bisa berupa musik, tarian, teater, juga lukisan. Pada seni lukisan sendiri, di Indonesia banyak terdapat pelukis yang mampu membuat kita berdecak kagum karena karya yang dihasilkannya. Pelukis Indonesia juga tidak bisa diremehkan, karena mereka sudah banyak yang menembus kancah internasional.

Tentu saja untuk bisa mencapai posisi mereka saat ini bukan hal yang mudah, karena membutuhkan pemikiran yang dalam untuk bisa menghasilkan karya seperti mereka ini. Berikut ini kami akan mengenalkan kepada Anda beberapa pelukis terbaik di Indonesia yang rasanya wajib sekali untuk Anda kenali.

Pelukis Terkenal di Indonesia

1.Abdullah Suriosubroto – Pelukis Indonesia

Abdullah Suriosubroto

Pertama ada Abdullah Suriosubroto, seorang pelukis asal Semarang yang merupakan salah satu tokoh Gerakan Nasional Indonesia yang dikenal sebagai seorang pelukis Indonesia pertama di abad ke-20. Ia awalnya masuk ke sekolah kedokteran dan bahkan sempat melanjutkan pendidikannya ke Belanda.

Tetapi ternyata setelah ia menetap di sana, ia malah banting setir menjadi seorang seniman dan bahkan masuk ke sekolah seni rupa. Ketika kembali ke Indonesia ia pun menjadi seorang pelukis dan kerap kali menuangkan pemandangan indah ke sebuah lukisan.

Aliran yang dianut Abdullah adalah Mooi Indie, atau Hindia Indah. Ia menghabiskan waktunya di Bandung dan pindah ke Yogyakarta lalu menghembuskan nafas terakhirnya di sana.

2. Agus Djaya

Agus Djaya

Berikutnya ada Agus Djaya yang merupakan seorang pelukis di Indonesia yang lahir pada tanggal 1 April 1913. Pelukis terkenal Indonesia yang lahir dengan nama asli Raden Agus Djaja Suminta ini menempuh pendidikan di Belanda, tepatnya di sebuah sekolah seni bernama Akademi Rijks.

Selama di sana ia berkenalan dengan berbagai seniman terkenal, seperti Pablo Picasso, Salvador Dali, juga Ossip Zakine. Ketika ia kembali ke Indonesia, ia mendirikan Persagi atau Persatuan Ahli Gambar Indonesia. Agus kini dianggap menjadi salah satu  cikal bakal dari seni lukis yang ada di Indonesia.

3. Basuki Abdullah

Basuki Abdullah

Bukan hanya di Indonesia, tapi nama pelukis satu ini sudah dikenal hingga kancah dunia. Namanya adalah Basuki Abdullah, di mana ia merupakan seorang pelukis yang alirannya naturalis dan pernah diangkat menjadi seorang pelukis di kerajaan Thailand pada tahun 1060-an.

Ia memiliki obsesi untuk membuat lukisan dengan wajah yang mirip, itulah sebabnya banyak orang kelas atas yang tertarik dengan Basuki Abdullah. Bahkan banyak negarawan yang berlomba-lomba untuk bisa dilukis olehnya, seperti Bung Karno, Pangeran Philip, Pangeran Bernard, dan masih banyak lainnya.

4. Delsy Syamsumar

Delsy Syamsumar

Mungkin kata yang cocok untuk disematkan untuk tokoh pelukis Indonesia satu ini adalah Multitalenta. Seniman yang dikatakan sebagai salah satu seniman terbaik di Asia Tenggara ini bukan hanya dikenal sebagai seorang pelukis saja, tetapi ia juga dikenal memiliki kemampuan menjadi seorang komikus, ilustrator, desainer, dan masih banyak lainnya.

Pernah suatu ketika salah satu karya miliknya dicatat sebagai lukisan termahal, hal itu membuat nemanya dikenal menjadi legenda. Pada tahun 2001, Delsy Syamsumar meninggal dunia dengan meninggalkan keluarga juga karyanya yang legendaris.

Itulah beberapa pelukis terkenal Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa di mata dunia. Keindahan dari karya-karyanya sangat memukau mata dunia.

Meski mereka sudah meninggalkan kita semua, tapi karyanya bisa selalu kita kenal dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *