Tari Daerah

WARISAN LELUHUR YANG MENJADI IDENTITAS BANGSA TARI SERIMPI

Menjadi sebuah kebanggan tersendiri untuk menjadi bagian dari warga negara Indonesia, negara dengan berbagai macam kebudayaan yang dimilikinya. Meskipun berbeda – beda justru itulah yang menjadikan kita semakin erat satu dengan yang lainnya, Salah satu budaya yang menjadi kebanggan dari setiap daerah adalah tarian tradisional yang dimiliki. Mempunyai ciri khasnya masing – masing yang dimana menjadi daya tarik sendiri untuk setiap turis yang berlibur ke tempat tersebut. Salah satunya adalah tari serimpi yang berasal dari Yogyakarta serta Surakarta ini mempunyai keindahannya tersendiri. Awal mulanya tarian ini diselenggarakan di lingkungan Keraton Kasultaan Mataram dan juga dijadikan sebagai sebuah tradisi. Dimana terus dijaga dan kembangkan sampai dengan detik sekarang.

1.Sejarah Tari Serimpi

Tari Serimpi

Tarian ini memang sudah menjadi warisan turun termurun dari para orang – orang sebelumnya. Karena tarian ini dijadikan sebuah tradisi ketika zaman kerajaan Mataram yang dimana saat itu yang sedang memimpin adalah saa Sultan Agung ketika itu tahun 1613 sampai dengan 1646. Benar – benar bukan tahun yang muda bukan, sehingga tarian serimpi yang berasal dari Yogya ini dinobatkan sebagai tarian tertua yang berasal dari Jawa. Selain itu tarian ini mmepunyai tinggal kesakralan juga kesucian yang tinggi, sebab tarian ini hanya diselenggarakan atau diberlakukan di Kawasan keraton. Tarian ini dijadikan sebagai tradisi karena termasuk dalam ritual juga.

Orang – orang yang melakukan tarian ini tentunya tidak sembarang, terdapat pemilihan terlebih dulu untuk para penari yang akan melakukan tari Serimpi. Mempunyai makna tentang keangguna serta kelembutan dari perempuan Yogyakarta , menjadi gambaran karakter dari perempuan yang berasal dari Jawa. Tari Serimpi sendiri mempunyai terbagi menjadi beberapa jenis, yang dimana setiap jenisnyaitu mempunyai artinya masing – masing. Contohnya seperti Serimpi Padhlori yang menceritakan tentang kepedihan dari cinta segitiga.

2.Busana serta Properti Penari

Tari Serimpi

Tentunya setiap tarian tradisional para penarinya dibalut dengan busana yang indah dengan ciri khas masing – masing dari daerah tersebut. Untuk tari Serimpi yang berasal dari Yogyakarta ini menggunakan busana yang indah, karena para penarinya para perempuan yang lembah lembut serta gerakannya yang sangat gemulai tersebut. Zaman dulu para penari yang menarikan tarian Serimpi itu biasanya menggunakan busana pengantin putri Yogyakarta.

Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, membuat busana dari tari Serimpi pun ikut berkembang. Tapi perkembangan dari busana ini tidak menghilangkan ciri khas dari Yogyakarta. Menggunakan baju tanpa lengan, lalu bawahannya menggunakan kain jarik dengan motif batik. Kepala yang dihiasi dengan gelungan, hiasan bulu burung kasuari, bunga. Lalu terdapat aksesoris yang ditambahkan.

3.Gerakan Tari Serimpi

Tari Serimpi

Karena tarian ini melambangan lembut hatinya seorang wanita dan gemulainya tarian dari para penari Jawa. Membuat gerakan yang diberikan tersebut mempunyai tempo yang benar – benar lembut. Tarian yang dilakukan oleh para penarinya tersebut dilakukan dengan gerakan yang amat pelan, karena itu sudah menjadi ciri khas dari tari Serimpi. Mulai dari gerakan kepala, tangan, sampai dengan kaki itu mempunyai gerakan yang sangat harmonis.

Sehingga makna yang dimiliki dari gerakan ini dapat disampaikan dengan baik kepada para penonton yang menikmatinya. Terdapat beberapa jenis dari tarian Serimpi, salah satunya adalah jenis tarian serimpi heroik yang dimana perpindahan temponya itu dari pelan ke cepat begitupun sebaliknya dengan tetap mengaturnya dengan baik.

Itulah beberapa informasi tentang tari Serimpi, yang dapat kamu pelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *