Tari Daerah

Tari Merak Kesenian Asal Jawa Barat

Tari Merak – Indonesia memang memiliki banyak tarian adat yang sangat unik dan juga beragam, salah satunya tarian merak berasal dari Jawa Barat ini. Tarian yang sangat elok ini ternyata ada perpaduan dengan gerakan klasik sunda lho.

Jenis tarian merak juga menunjukkan tentang kehidupan hewan merak, gerakannya pun diambil dari tingkah laku hewan merak tersebut. Setelah itu, salah satu seniman sunda bernama Raden Tjetjep Soemantri yang mengangkat tarian ini menjadi pentas seni.

Makna Tari Merak

Sebelumnya disini apakah kamu sudah pernah melihat pementasan tarian yang satu ini??

Tarian yang memiliki makna dan filosofinya ini perlu kamu ketahui!! Bahwa tari merak ditampilkan untuk menunjukkan usaha merak jantan supaya betina menerima cintanya, dengan cara memamerkan warna yang sangat beragam pada bulu ekornya.

Hingga saat ini tarian merak dijadikan sebagai penyambutan pengantin lelaki menuju pelaminan saat prosesi upacara pernikahan.

Fungsi Tarian Merak

Tarian unik ini biasanya digunakan diberbagai acara pernikahan bahkan pentas seni lainnya. Namun yang harus kamu ketahui, bahwa ada fungsi dari tarian merak lho, diantaranya :

1. Dijadikan sebagai acara prosesi pernikahan atau acara pentas seni lainnya.

2. Untuk menyambut tamu agung saat acara tertentu ataupun ritual.

3. Sering kali sebagai pengiring calon pengantin lelaki saat menuju pelaminan.

4. Tari merak merupakan salah satu sarana budaya indonesia yang wajib dikenalkan ke tingkat internasional.

Gerakan Tari Merak

Buat kamu yang ingin mencoba gerakan tarian merak, harus mengetahui dasarnya dulu guys!! Dibawah ini ada dasar yang bisa kamu coba dirumah :

1. Galier merupakan gerakan kepala yang mengarah ke kiri, kanan, depan, serta belakang. Bagi yang membawakan tarian merak, penari harus memutarkan kepalanya.

2. Muncuk adalah gerakan yang menyatukan jari tengah dan ibu jari yang membentuk huruf O.

3. Ukel yaitu gerakan penari yang memutarkan pergelangan tangannya.

4. Ngoreh adalah gerakan yang menyerupai burung merak saat mencari makan/cacing. Gerakan ini seperti menggaruk-garuk tanah.

5. Mincit merupakan gerakan kaki, tangan, serta kepala yang dilakukan secara bersamaan. Gerakan yang satu ini termasuk ke dalam gerakan gabungan.

Kostum Tarian Merak

Ada beberapa yang perlu kamu persiapkan sebelum pementasan tari merak, dibawah ini kami akan menjelaskan busana dan properti apa saja yang akan dikenakan para penari merak, sebagai berikut :

1. Mahkota : Nama lain dari properti ini yaitu siger, aksesoris tersebut memiliki banyak warna. Jika kamu perhatikan juga aksesoris yang satu ini terlihat sangat unik lho.

2. Hiasan Telinga : Jika kamu perhatikan ornamen pada bagian telinga ini menyerupai kostum pewayangan lho. Corak yang diberikan dalam hiasan ini juga dibuat sama seperti mahkota.

3. Hiasan Sanggul : Sebutan lain dari hias sanggul ini yaitu garuda mungkur, untuk hiasang sanggul biasanya digunakan para penari merek lelaki.

4. Apok : Hiasan apok ini ternyata memiliki motif yang terlihat indah lho. Fungsi dari apok sendiri yaitu untuk memudahkan para penari saat pementasan.

5. Sayap : Pada bagian yang satu ini, merupakan ciri khas utama tari merak. Sayap yang akan dibuat juga memiliki ornamen yang sangat indah.

6. Bagian Bawah : Pada bagian bawah, para penari merak akan mengenakan rok dengan hiasan yang menyerupai bulu hewan merak.

Pementasan Tari Merak

Saat pementasan berlangsung iringan tari merak ini menggunakan seperangkat gamelan sunda dengan iringan lagu macam tutul. Pada saat musik sudah dimainkan, yang menjadi pusat perhatian penonton adalah busana yang dikenakan para penarinya. Bagi kamu yang belum mengetahui, bahwa kostum tari merak ini sangat identik dengan warna hitam, biru serta hijau yang menyerupai bulu merak.

Nah, itulah pengenalan tari merak dari kami, jangan lupa terus nantikan artikel kami selanjutnya yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *