Seni 3 Dimensi

SENI RUPA 3 DIMENSI DAN CONTOH KARYANYA YANG SANGAT MENARIK

Hobi dan ketertarikan seseorang memang berbeda – beda dan juga terbagi, ada yang memang senang dengan dunia tarik suara, olahraga, fashion, sampai dengan seni rupa. Keberagaman yang dimiliki oleh setiap individu membuat dunia ini menjadi lebih berwarna dan juga beragam, sehingga kita tidak merasa bosan dan jenuh dengan hal – hal yang monoton. Karena akan selalu ada saja yang baru dan yang lahir di dunia dengan berbagai macam ciri khas yang dimilikinya. Salah satunya adalah seni rupa 3 dimensi yang mempunyai ciri khas dan keunikannya tersendiri. Sebetulnya apa itu seni rupa 3 dimensi dan perbedaan apa yang dimiliki oleh seni rupa 3 dimensi dan juga 2 dimensi?

Untuk seni rupa 2 dimensi sendiri itu hanya mempunyai panjang serta lebar saja, tetapi untuk 3 dimensi sendiri ini berbeda. Dimana mereka itu mempunyai tiga ukuran yaitu panjang, lebar, dan kedalaman. Sehingga ketika menikmati seni dari tiga dimensi tidak hanya dari satu perspektif saja, tetapi bisa dilihat dari berbagai perspektif. Membuat 3 dimensi menjadi karya seni rupa yang banyak orang senangi dan banyak orang juga menikmatinya. Sudah banyak karya dari seni 3 dimensi yang dipertunjukkan dan juga memiliki perkumpulannya tersendiri. Untuk kamu para pecinta seni, berikut contoh dari karya seni rupa 3 dimensi yang sudah sering kamu jumpai.

1.Lukisan

Kamu pastinya sudah tidak asing bukan dengan seni rupa 3 dimensi yang satu ini. Karena tidak sulit untuk menjumpai karya yang satu ini, sebab tidak hanya dipajang ketika sedang ada acara saja. Lukisan ini sudah banyak dipajang di restaurant atau cafe – cafe yang untuk memberikan kesan cantik terhadap dekorasi dari tempat tersebut. Dan juga masih ada café yang memang menyatukan dengan art gallery, sehingga para pengunjung bisa sambil menikmati lukisan yang ada.

Lukisan merupakan karya seni yang ketika pembuatannya itu menggunakan cara memulaskan cat menggunakan kuas, dan alat lainnya, serta terdapat perpaduan warna yang dilaurtkan dengan air sebagai pengencernya. Terdapat lukisan yang populer yaitu ‘The Persistence of Memory’ hasil karya dari Salvador Dali di tahun 1931. Lukisan ini dipajang di Museum of Modern Art, New York City.

2.Fotografi

Menjadi hobi yang banyak anak muda gandrungi sekarang. Sebab zaman yang semakin canggih ini membuat teknologi dari kamera pun banyak melahirkan kamera terbaru, dengan kecanggihan dari fitur yang diusungnya tersebut. Selain itu juga sekarang sudah banyak tempat – tempat yang mendukung untuk dijadikan sebagai objek foto. Fotografi juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis, karena ada saja orang yang memang membutuhkan jasa dari fotografer.

Fotografi merupakan proses untuk menghasilkan sebuah foto atau gambar yang berasal dari sebuah objek dengan merekam dengan menggunakan media cahaya dan alat yang populer digunakan adalah kamera. Terdapat hasil karya fotografi yang keren abis yaitu ‘Lautan Dupa’ terkenal di Vietnam.

3.Batik

Sudah menjadi warisan leluhur, batik ini masih terus dilestarikan sampai dengan sekarang ini. Bahkan dijadikan sebagai oleh – oleh untuk para kota yang memang pengrajin dari batik ini. Selain itu juga batik ini sudah sampai ke mancanegara, sehingga hasil karya dari tanah air ini memanglah sangat mendunia. Pembuatan dari batik ini sendiri sangatlah unik dan juga khas, membuat motif yang diberikan pada kainnya memiliki nilai seni.

Batik merupakan kain Indonesia bergambar dengan proses pembuatan yang khusus, menuliskan malam di kain tersebut. Terdapat beberapa kota di Indonesia yang memang menghasilkan batik, kota – kota tersebut seperti Yogyakarta, Pekalongan, Solo, Bali, Cirebon, dan Madura.

Itu adalah sekilas informasi dari seni rupa 3 dimensi dan contoh karya seni rupa 3 dimensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *